Selasa, 28 Juni 2011

Dampak Positif Tayangan Televisi bagi Masyarakat


Tayangan televisi memberikan banyak pengaruh bagi masyarakat Indonesia. Tayangan televisi memiliki beberapa peran dalam masyarakat. Peran-peran tersebut ialah sebagai media hiburan, pendidikan, informasi, dan media promosi. Menurut Subroto (1994:17), televisi sebagai media massa memiliki fungsi sebagai media pendidikan, hiburan, dan promosi.
Sebagai media hiburan, televisi memberikan masyarakat berbagai tontonan segar. Adapun  beberapa macam tayangan tersebut, antara lain sinetron, komedi, kartun, film, dan drama. Di sini, tayangan televisi akan menghibur masyarakat dan menyegarkan kembali pikiran setelah seharian beraktivitas.
Seperti yang kita ketahui, melaksanakan aktivitas merupakan agenda harian masyarakat. Terhitung mulai dari pagi hari hingga sore. Bahkan, ketika petang menjelang. Setelah beraktivitas, tentunya masyarakat akan merasa lelah dan penat sehingga dibutuhkan suatu solusi yang tepat untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan menonton televisi.
Tayangan televisi juga berperan sebagai media pendidikan. Lewat tayangan televisi, kita telah melakukan pembelajaran audio visual. Hal ini terbukti saat kita menonton salah satu tayangan televisi yang berjudul: Laptop Si Unyil yang pada waktu itu sedang membahas tentang pembuatan tas daur ulang. Secara tidak langsung, kita telah mendapat pengetahuan akan cara pembuatan, bahan-bahan yang digunakan serta manfaat dari tas tersebut. Di sini, kita telah melakukan pengamatan lebih cermat lagi yang akhirnya mendapat kesan yang mendalam. Kesan itulah yang menjadikan kita untuk lebih mudah mengingat kembali apa yang telah kita pelajari. Subroto (1995:78) mengatakan bahwa menurut hasil penelitian, pembelajaran menggunakan audio visual seperti tayangan televisi mampu meningkatkan efisiensi pengajaran antara 20 hingga 50 persen.
Pembelajaran audio visual berbeda dengan pembelajaran lewat membaca buku. Pengetahuan yang hanya berupa kata-kata itu sulit dibayangkan. Terlebih lagi dibutuhkan fokus terhadap sesuatu yang sedang dibaca. Mungkin yang ada, justru kita akan merasa bosan dan pengetahuan yang dibaca akan mudah terlupakan.
Sebagai media informasi, tayangan televisi mampu memberikan informasi secara aktual dan cepat. Tayangan televisi dapat menayangkan informasi bersamaan saat terjadinya suatu peristiwa dan saat itu juga seluruh Indonesia dapat menyaksikannya secara serempak dalam waktu yang sama. Selain itu, tayangan televisi juga dapat menyiarkan informasi dari segala penjuru dunia sehingga masyarakat Indonesia dapat mengetahui adanya bencana alam di negara lain tanpa harus datang ke negara itu.
Dalam kehidupan, kita sebagai manusia sering kali memilki rasa ingin tahu yang sangat besar. Banyak pertanyaan yang hadir dalam diri kita setiap kali berada dalam situasi yang tidak kita mengerti. Tentunya hal yang diharapkan adalah sebuah jawaban dan jawaban itu berupa sebuah informasi yang penting untuk kita ketahui. Oleh karena itu, peran tayangan televisi sebagai media informasi sering kali ditunggu-tunggu kehadirannya.

Sebagai media iklan, tayangan televisi mampu menawarkan berbagai bentuk produk dan jasa kepada khalayak. Biasanya, iklan-iklan yang ditawarkan berhubungan dengan kebutuhan masyarakat, seperti sabun mandi, pasta gigi, makanan ringan, dan pakaian.
Iklan televisi dibuat secara menarik untuk menarik pinat masyarakat. Cara penayangan iklan sering kali memakai jasa model dan dibuat dalam bentuk cerita singkat yang mampu meninggalkan kesan mendalam bagi penontonnya. Segala cara dilakukan dalam penayangan iklan sekalipun itu harus berbohong, contohnya dapat kita lihat di berbagai iklan detergen yang menawarkan keampuhannya dalam mengatasi noda membandel, padahal sebenarnya hal tersebut tidaklah benar. Namun, berbohong dalam iklan bukan berarti penipuan. Tergantung kita sebagai pemirsa dalam menyikapinya. Mau percaya atau tidak. Menurut Bungin (2008:120), realitas iklan televisi hanya merupakan gambaran terhadap sebuah dunia yang hanya ada dalam televisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar